Tidak dilarang menyalin atau mengutip isi blog ini,asalkan untuk kemajuan dunia desain grafis indonesia...

Friday, July 3, 2009

Backup Setting Workspace CorelDRAW 12

CorelDRAW 12 yang selama ini Anda gunakan untuk bekerja mungkin tidak selamanya akan berada diPC Anda. Bisa jadi sewaktu-waktu karena satu dan lain hal Anda harus menginstall ulang system operasi bersama aplikasi yang ada didalamnya. Pada workspace yang disediakan CorelDRAW mungkin Anda juga membuat pengaturan sesuai dengan selera pribadi misalnya bagaimana letak atau toolbars apa saja yang perlu ditampilkan. Bagaimana jika suatu saat Anda harus menginstall ulang CorelDRAW 12 sedangkan workspace yang selama ini Anda gunakan untuk bekerja telah Anda atur sedemikian rupa agar nyaman saat digunakan. CorelDRAW 12 menyediakan fasilitas untuk membackup setting workspace yang telah kita buat. Anda dapat menyimpan workspace tersebut sehingga pengaturan workspace yang telah Anda buat dapat Anda kembalikan dengan mudah.


Langkah-langkah untuk membackup workspace adalah:

1. Jalankan CorelDRAW 12. Klik [Start]>[All Programs]>[CorelDRAW Graphics Suite 12]>[CorelDRAW 12]
2. Klik menu [Tools]>[Options…] atau tekan Ctrl+J
3. Pada jendela Options pilih menu Workspace
4. Jika terdapat tanda cek list pada cek box v12 Default Workspace, berarti pengaturan yang Anda buat berada pada default workspace CorelDRAW versi 12 (gambar 1)
5. Kemudian klik tombol [Export…], akan muncul jendela Export Workspace…. Tandai bagian mana saja yang ingin Anda simpan pengaturannya. Jika sudah klik [Save…] untuk melanjutkan ketahap berikutnya (gambar 2)
6. Pada jendela Save As pilih tempat lokasi penyimpanan file setting tersebut, kemudian beri nama file pada kotak File Name: (gambar 3)
7. Klik [Save] untuk menyimpan. File workspace CorelDRAW yang Anda buat memiliki format *.xslt.

Untuk mengembalikan pengaturan pada workspace yang Anda buat caranya:

1. Klik menu [Tools]>[Options]
2. Pada jendela Options pilih menu Workspace
3. Klik tombol [Import…]
4. Pada jendela Import Workspace – Step 1 of 5 klik [Browse], pilih file .xslt yang Anda buat, klik [Open]
5. Pada jendela Import Workspace – Step 2 of 5 pilih items yang ingin Anda import. Secara default semua items akan dipilih.
6. Pada jendela Import Workspace – Step 3 of 5 terdapat 2 pilihan:
· Current Workspace: Workspace lama yang Anda gunakan akan diganti sesuai dengan pengaturan yang telah Anda buat. Jadi v12 Default Workspace akan berubah sesuai dengan pengaturan Anda.
· New Workspace: Workspace yang Anda buat akan diberi nama baru sehingga workspace default yang disediakan oleh CorelDRAW(v12 Default Workspace) tidak akan terganggu atau berubah settingnya.
Agar lebih mudah dan aman pilih saja New Workspace: untuk lanjut ketahap berikutnya.
7. Pada jendela Import Workspace – Step 4 of 5 beri nama workspace yang Anda buat pada kotak Name of new workspace:, kotak Description of new workspace: dapat Anda isi dapat juga Anda kosongkan terserah Anda.
8. Pada jendela Confirm Import… klik [Finish] untuk menerapkannya.

Agar lebih aman sebaiknya file berekstension .xslt yang Anda buat disimpan kemedia penyimpanan lain selain harddisk atau drive yang berbeda dengan folder Windows. Ukurannya memang agak besar tapi biasanya hanya sebatas kilobytes.

0 comments:

Post a Comment